Sabtu, 02 Januari 2016

Beginilah Rasanya Bagaimana Melahirkan Seorang Bayi

Bagaimana rasanya melahirkan? – Setiap sistem melahirkan ini mempunyai keunikannya tersendiri, di mana tidak ada satupun persalinan yang memiliki sistem sama persis. 

Mungkin saja untuk mereka yang baru pertama kalinya akan melalui sistem ini, ada rasa takut yang muncul dengan sendirinya. Walau demikian, berapa kalipun Anda melahirkan, rasanya akan selalu saja mendebarkan. 

Tiga Tahap Bagaimana Rasanya Melahirkan 

Pada umumnya, sistem melahirkan dapat dibagi jadi 3 step di mana tiap-tiap bagiannya akan mempunyai sensasi dan tantangan yang berbeda. 

Bagian 1 : Kontraksi 

Sensasi dari kontraksi seperti ketika ikat pinggang Anda ditarik dengan cara kencang selama 20 detik. Ketika sistem melahirkan berjalan, maka kontraksi itu dapat berlangsung semakin kencang dan sakit. 

Bagaimana rasanya melahirkan 

Waktu terjadi kontraksi, maka kepala janin akan tertekan dan turut terdorong ke leher r4him sehingga membuat posisinya bergulung dan siap lahir. 

Di waktu yang bersamaan, himpitan dari kontraksi juga menyebabkan hormon-hormon didalam tubuh. Hormon inilah yang akan mempersiapkan kelahiran dari bayi tersebut . 

Selain itu, hormon ini dapat membantu untuk menurunkan detak jantung sehingga fase kekurangan oksigen saat sistem melahirkan dapat di lewati. 

Lalu, bagaimana caranya untuk melalui bagian kontraksi itu? 

Cobalah untuk mengalihkan perhatian pada beberapa hal yang ringan seperti menonton TV atau mandi. 
Waktu kontraksi berlangsung, tarik nafas Anda dalam-dalam serta buat diri Anda rileks. Makin Anda tegang, jadi akan sakit pula rasanya. 
Bila Anda benar-benar sudah tak bisa menahan rasa sakitnya, maka baiknya mintalah obat pengurang rasa sakit. 
Waktu pembukaan sudah cukup, maka dijalanilah suatu masa yang disebut dengan transisi. Kontraksi yang dihadapi masuk ke tingkatan akhir di mana akan membuat wanita sudah hampir menyerah. Tetapi baiknya, masa transisi itu hanya terjadi selama beberapa menit saja. 

Bagian 2 : Mendorong 

Bagaimana rasanya melahirkan akan betul-betul terasa sensasinya di bagian itu. Anda bisa rasakan ada dorongan yang sangatlah hebat dari b0k0ng, seolah-olah ingin buang air besar. 

Kemudian, muncul keinginan besar untuk mengejan. Hal semacam ini akan menimbulkan perasaan yang senang atau justru sangat ketakutan, atau dapat pula merasakan keduanya. Seiring dengan munculnya kepala bayi dari v4g!na, ada tarikan dan sensasi panas yang dirasakan pada l!4ng v4gin4. 

Saat badan bayi itu terdorong ke bawah, maka lehernya akan m3nggeli4t agar dapat beradaptasi dengan ruang v4gin4 Anda. 

Mendorong bayi keluar 

Waktu kepala dan bahunya telah keluar, saat itu juga maka ia akan rasakan asupan oksigen ke paru-parunya. Bila sistem itu bisa Anda lewati, maka ada sejenis gelombang kelegaan yang demikian dahsyat ketika melhat kelahiran sang bayi. 

Kontraksi yang Anda kerjakan di bagian itu akan menolong kepala bayi supaya dapat keluar lewat leher r4him yang pada awal mulanya sudah terbuka. Sisi kedua itu sendiri dapat berjalan hanya sebagian menit saja tetapi pada keadaan tertentu bisa hingga 2 jam. 

Bagaimana melaluinya? 

Yakinkan tidak untuk melakukan dorongan sampai dengan dokter memberi isyarat. Sekalipun pembukaan telah lengkap, tetapi kepala janin belum pasti mempunyai posisi yang baik untuk keluar. Oleh karena itu, tunggulah serta istirahatlah sampai dokter memberi aba-aba. 

Cobalah untuk melenturkan otot p3lvis Anda. Walau ada perasaan untuk takut sobek, tetapi kepala j4nin akan susah keluar bila p3lvis Anda tegang. 

Jika sangat mungkin, sebaiknya terus berposisi tegak sehingga sistem kelahiran bayi Anda dapat terbantu oleh style gravitasi. 

Sebaiknya dengarkan tips dari dokter dengan cara seksama. Waktu kepala bayi Anda telah mulai terlihat, maka dokter akan memberi arahan kapan sebaiknya melakukan dorongan serta kapan untuk berhenti hingga dapat buat bahu serta tubuh bayi Anda keluar dengan cara perlahan-lahan. 

Mungkin saja bagian ini tidak akan terpikirkan oleh Anda. Walau sebenarnya sesudah bayi Anda lahir, Anda masih tetap akan mengalami kontraksi. Tetapi kontraksi yang dihadapi kali ini tak terlampau terasa bila di banding dengan kontraksi yang dihadapi di bagian sebelumnya. 

Pasca Melahirkan 

Kontraksi selalu dihadapi oleh r4him Anda supaya bisa keluarkan plasenta serta melepas jaringannya dari dinding r4him. 

Kontraksi itu sendiri dapat dibantu oleh bidan, sehingga plasenta dapat betul-betul keluar dari tubuh Anda. Banyak wanita yang akan memperoleh suntikan supaya bisa mempercepat sistem ini. 

Waktu bayi Anda sudah di check oleh bidan, maka peluk dan pandangilah. Dengan sendirinya, ia akan merespon pada suara Anda serta merasakan kenyaman dari sentuhan Anda. 

*** 
Mudah-mudahan penjelasan diatas bisa memberi gambaran untuk Anda serta suami tentang bagaimana rasanya melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar